Mesjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Orang Islam Banjar Wajib Tau Silsilah Datu Kelampayan

Kalian orang banjar, Kalimantan Selatan ? tapi belum tau silsilah datu kelampayan ? atau malah belum tau siapa datu kelampayan ?

Telalu banar jar urang banjar mun kaya itu 🙂
(Terlalu sekali kata orang banjar, jika seperti itu)

Ditulisan ini nanti akan saya sertakan silsilah datu kelampayan atau juga dikenal dengan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Dan juga saya akan memaparkan kenapa kalian harus bangga punya sosok ulama seperti beliau.

Singkat cerita sultan banjar ternyata sudah melihat kemampuan datu kelampayan pada masa kecil yang berbeda dari anak kecil pada umumnya. Dan akhirnya datu kelampayan dibawa oleh sultan banjar untuk tinggal di kerajaan banjar. Setelah dewasa datu kelampayan di berangkatkan oleh sultan banjar untuk menuntut ilmu ke mekah.

Foto Datu Kelampayan / Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari

Di mekah beliau menuntut ilmu kepada syekh Muhammad as-Samman al-Madani. Syekh Samman adalah salah satu guru beliau yang paling populer menurut saya. Karena syekh Samman merupakan pendiri dari tarekat Sammaniyah yang juga turut di ajarkan oleh guru sekumpul atau Muhammad Zaini Abdul Ghani.

Guru sekumpul merupakan keturunan dari datu kelampayan. Seperti yang kita ketahui guru sekumpul adalah seorang ulama yang sangat berkharisma di kalimantan selatan, khusus nya di Martapura, Kabupaten Banjar.
Bahkan sekarang meskipun guru sekumpul sudah meninggal 14 tahun yang lalu, tapi masyarakat dan khususnya murid-murid beliau masih cinta kepada beliau. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya acara haul guru sekumpul setiap tahunnya. Dan terakhir yang baru saja di laksanakan yaitu acara haul beliau yang ke 14 di tahun 2019, di perkirakan 2 juta orang yang berhadir ke acara haul beliau.

Sampai-sampai Ustad Abdul Somad (UAS) mengatakan dalam video ceramah nya, beliau berkata bahwa acara haul abah guru sekumpul adalah acara haul teramai se-Asia. Betapa hebat nya beliau, disini saya ingin menggambarkan betapa mulia nya keturunan dari datu kelampayan. Keturunannya saja seperti itu, apalagi beliau Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari. Sebagai orang banjar saya rasa kita wajib bangga dengan semua ini.

Kitab Sabilal Muhtadin (Sumber foto: wikipedia)

Tidak hanya itu, datu kelampayan juga banyak menulis kitab. Dan yang paling terkenal dari karya beliau adalah kitab Sabilal Muhtadin atau Sabilal Muhtadin lit-Tafaqquh fi Amrid-din.

Mesjid Sabilal Muhtadi, Banjarmasin (Sumber foto: wikipedia)

Salah satu mesjid di Banjarmasin juga di beri nama Mesjid Sabilal Muhtadin sebagai tanda penghormatan kepada datu kelampayan.  Untuk cerita asal usul mesjid sabilal muhtadin bisa di baca disini: https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/15/12/03/nysfgv313-asal-usul-nama-masjid-raya-sabilal-muhtadin

Tidak hanya itu yang membuat saya kagum dengan datu kelampayan. Ternyata beliau tidak hanya seorang ulama besar, beliau juga seorang insinyur pada masanya. Hal ini terbukti dengan karya beliau membuat sungai buatan, yang di namakan sungai tuan.

Berikut ini adalah silsilah datu klampayan atau nama lengkap beliau Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah bin Abu Bakar bin Sultan Abdurrasyid Mindanao bin Abdullah Abu Bakar Al-Hindi bin Ahmad Ash Shalaibiyyah bin Husein bin Abdullah Syaikh bin Sayid Abdullah Al-’Aidrus bin Sayid Abu Bakar As-Sakran bin Saiyid Abdur Rahman As-Saqaf bin Sayid Muhammad Maula Dawilah Al-’Aidrus. Silsilahnya kemudian sampai pada Sayidina Ali bin Abi Thalib dan Sayyidatina Fatimah binti Rasulullah. Dengan demikian Syaikh Arsyad masih memiliki darah keturunan Rasulullah. (Silsilah dikutip dari: http://www.tribunnews.com/regional/2010/09/14/datu-kelampayan-keturunan-nabi-muhammad-saw)

Itulah semua bentuk kekaguman dan kebanggaan saya terhadap datu kelampayan, jika ada salah dalam penulisan ini saya mohon maaf dan mohon di tegur lewat kolom komentar. Serta tuliskan juga apakah kalian mengenal dan bangga terhadap datu kelampayan ?

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.